Setang Motor Bergetar Saat Melaju Cepat? Ini Penyebabnya

Otomotive Kaya Sugih

Bertambah usia dari motor membuat banyak masalah kemudian banyak yang datang. Diantara berbagai masalah tersebut antara lain adalah bergetarnya setang ketika kendaraan dipacu dengan kecepatan yang tinggi. Pada dasarnya masalah tersebut cukup berbahaya. Dimana banyak pengendara yang merasa susah untuk mengendalikan motornya hingga kecelakaan pun bisa saja terjadi.

Setang yang bergetar sendiri acap kali dirasakan ketika motor dipacu dengan kecepatan di atas 100 km/jam. Adapun masalah tersebut bisa jadi muncul karena adanya berbagai alasan sebut saja diantaranya adalah pelek. Diungkapkan oleh Andriyanto dari Bintang Motor menyebutkan kalau pelek yang meleyot atau tidak semitris dapat menjadi penyebab adanya setang bergetar pada motor. Hal ini jelas akan membuat motor tidak bisa dijalankan dengan lurus, dan besar kemungkinan akan terjadi oleng.

Pelek oleng bisa diperbaiki dengan membawanya ke tukang press pelek,” kata Andri seperti dikutip dari laman Detik Oto.

Kemudian selai itu yang menjadi alasan kedua adalah ban motor itu sendiri. Ban disini bisa jadi karena ban luar atau bisa jadi ban dalam yang tidak rata. Sebut saja misalnya bekas tambal ban di bagian dalam yang tidak rata dapat membuat kendaraan setangnya bergetar. Hal ini disebabkan oleh karena ketika diisi oleh angin, bekas tambalan pun akan lebih menonjol dan mendorong hingga pada ban luar. Kemudian permasalahan yang dipicu oleh ban luar adalah kondisi permukaannya yang tidak rata.

Kemudian pemicu yang ketiga yang menyebabkan setang bergetar adalah kombstir yang teralu longgar. Untuk mengeceknya bisa saja anda mengakses con race/steel ball kombstir dan pastikan kondisinya masih dalam keadaan yang layak untuk digunakan. Jika memang masih layak cukup dengan setel ulang dan apabila sebaliknya maka akan lebih baik diganti saja.

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Setang Motor Bergetar Saat Melaju Cepat? Ini Penyebabnya